Alat
Ungkap Masalah
Seri
PTSDL
Format
1: PT
Alat ungkap masalah seri
PTSDL adalah salah satu instrumen yang digunakan untuk mengungkap bagaimana
siswa belajar. Melalui instrumen ini, berdasarkan jawaban siswa diharapkan
mampu mengungkap mutu belajar siswa sekaligus mengungkap masalah-masalah siswa
yang berkaitan dengan belajar.
Disadari sepenuhnya
bahwa keberhasilan mahasiswa dalam belajar tidak hanya ditentukan oleh dosen
dalam proses belajar mengajar di kelas, namun banyak faktor yang mempengaruhi
keberhasilan mahasiswa dalam menguasai materi perkuliahan, baik di dalam maupun
di luar kampus. Dengan memperhatikan ruang lingkup dan kondisi kehidupan
mahasiswa pada umumnya maka AUM disusun berdasarkan berbagai masalah yang
mungkin dialami oleh siswa dalam belajar.
Dalam pelaksanaan
praktik aplikasi instrumentasi ini, penulis menggunakan Instrumen AUM PTSDL
FORMAT 1: Mahasiswa, analisa maupun pengelompokan bidang-bidang masalah yang
sama-sama dikelompokkan menjadi 5 bidang masalah yaitu:
1.
P = Prasyarat penguasaan materi pelajaran
2.
T = Keterampilan belajar
3.
S = Sarana belajar
4.
D = Keadaan diri pribadi
5.
L = Lingkungan belajar dan sosioemosional
AUM PTSDL FORMAT 1:
Mahasiswa/ PT ini memiliki 165 pernyataan yang selanjutnya akan diisi oleh
mahasiswa dengan jawaban J (Jarang), K (Kadang-kadang), Sr (Sering), U
(Umumnya), dan Sl (Selalu) untuk dapat
dianalisa dan akan menentukan mutu kegiatan belajar mahasiswa dan menentukan
hasil belajar mahasiswa.
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 :
MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa : Aulia
Pratama Tbn
N I M :
74153007
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Perguruan Tinggi : UIN
Sumatera Utara
Program Studi : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM : 11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
BIDANG MASALAH
|
MUTU KEGIATAN BELAJAR
|
MASALAH
|
||||
SKOR
|
%
|
NOMOR MASALAH
|
JML
|
%
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P (20)
|
10
|
25
|
001, 003, 031, 033, 062, 064, 091, 093, 095
|
9
|
45
|
|
Keterampilan Belajar T (75)
|
56
|
37, 3
|
006, 009, 011, 014, 040, 044, 069, 070, 71, 098, 102, 103, 109, 110, 122, 126, 127, 131,
146, 148, 151, 153, 155, 157, 159
|
25
|
33, 3
|
|
Sarana Belajar S (15)
|
16
|
53, 3
|
016, 019, 046, 047, 077, 079
|
6
|
40
|
|
Keadaan Diri Sendiri D (30)
|
23
|
38, 8
|
022, 024, 051, 081, 082, 083, 085, 114, 115, 140, 163,
165
|
12
|
40
|
|
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
|
20
|
40
|
029, 058, 059, 060, 090, 145
|
6
|
24
|
|
Keseluruhan (165)
|
125
|
37, 8
|
Sama dengan di atas
|
58
|
35, 2
|
|
Catatan :
P :
2 x 20 = 40 Medan, Mei 2016
T :
2 x 75 = 150 Dosen
Pembimbing,
S :
2 x 15 = 30
D :
2 x 30 = 60
L : 2 x 25 = 50
Keseluruhan :
2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 :
MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa : Irma
Yunita
N I M :
74153001
Jenis Kelamin : Perempuan
Perguruan Tinggi : UIN
Sumatera Utara
Program Studi : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM : 11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
BIDANG MASALAH
|
MUTU KEGIATAN BELAJAR
|
MASALAH
|
||||
SKOR
|
%
|
NOMOR MASALAH
|
JML
|
%
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P (20)
|
14
|
35
|
001, 002, 003, 035, 092, 094
|
6
|
30
|
|
Keterampilan Belajar T (75)
|
36
|
24
|
006, 008, 036, 037, 039, 040, 066, 011, 012, 015,
043, 045, 071, 072, 074, 099, 100, 121, 123, 125, 102, 126, 127, 128, 107,
108, 131, 133, 135,
|
29
|
38, 6
|
|
Sarana Belajar
S
(15)
|
12
|
40
|
016, 020, 046, 047, 080
|
5
|
33, 3
|
|
Keadaan Diri Sendiri
D (30)
|
21
|
35
|
021, 022, 081, 082, 140, 162, 163, 165
|
8
|
26, 6
|
|
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
|
16
|
32
|
027, 087, 088, 118, 141, 144, 145
|
7
|
28
|
|
Keseluruhan (165)
|
99
|
30
|
Sama dengan di atas
|
55
|
33, 3
|
|
Catatan :
P :
2 x 20 = 40 Medan, Mei
2016
T :
2 x 75 = 150 Dosen
Pembimbing,
S :
2 x 15 = 30
D :
2 x 30 = 60
L : 2 x 25 = 50
Keseluruhan :
2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 :
MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa : Suci
Humairoh Sitorus
N I M :
74153098
Jenis Kelamin : Perempuan
Perguruan Tinggi : UIN
Sumatera Utara
Program Studi : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM : 11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
BIDANG MASALAH
|
MUTU KEGIATAN BELAJAR
|
MASALAH
|
|||
SKOR
|
%
|
NOMOR MASALAH
|
JML
|
%
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P (20)
|
10
|
25
|
001, 004, 005, 033, 061, 064, 091, 092, 093,
|
9
|
45
|
Keterampilan Belajar
T (75)
|
45
|
30
|
010, 013, 036, 038, 067, 069, 015, 042, 044, 045,
071, 072, 073, 100, 122, 125, 101, 126, 128, 151, 153, 107, 108, 110, 131,
133, 156, 160
|
28
|
37, 3
|
Sarana Belajar S (15)
|
7
|
23, 3
|
016, 017, 020, 046, 049, 076, 078, 079, 080
|
9
|
60
|
Keadaan Diri Sendiri
D (30)
|
25
|
41, 6
|
021, 022, 024, 025, 081, 083, 113, 138, 163
|
10
|
33, 3
|
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
|
18
|
36
|
027, 056, 087, 088, 090, 116, 117, 118, 142, 145
|
10
|
40
|
Keseluruhan (165)
|
105
|
31, 8
|
Sama dengan di atas
|
66
|
40
|
Catatan :
P :
2 x 20 = 40 Medan, Mei
2016
T :
2 x 75 = 150 Dosen
Pembimbing,
S :
2 x 15 = 30
D :
2 x 30 = 60
L : 2 x 25 = 50
Keseluruhan :
2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 :
MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa : Dwiky
Guntara
N I M :
74153091
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Perguruan Tinggi : UIN
Sumatera Utara
Program Studi : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM : 11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
BIDANG MASALAH
|
MUTU KEGIATAN BELAJAR
|
MASALAH
|
||||
SKOR
|
%
|
NOMOR MASALAH
|
JML
|
%
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P (20)
|
12
|
30
|
002, 003, 005, 035, 061, 064, 065, 092, 093, 095
|
10
|
50
|
|
Keterampilan Belajar T (75)
|
45
|
30
|
009, 038, 069, 070, 011, 012, 013, 042, 043, 073,
075, 097, 098, 100, 121, 122, 123, 125, 146, 148, 101, 126, 127, 151, 152,
153, 107, 108, 110, 131, 158, 159
|
32
|
42,6
|
|
Sarana Belajar S (15)
|
18
|
60
|
016, 047, 078
|
3
|
20
|
|
Keadaan Diri Sendiri D (30)
|
16
|
26, 6
|
021, 022, 023, 025, 052, 054, 081, 083, 084, 085,
111, 115, 136, 137, 139, 140, 161, 162
|
18
|
60
|
|
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
|
22
|
44
|
027, 056, 057,
060, 089, 117, 118, 120
|
8
|
32
|
|
Keseluruhan (165)
|
113
|
34, 2
|
Sama dengan di atas
|
71
|
43
|
|
Catatan :
P :
2 x 20 = 40 Medan, Mei
2016
T :
2 x 75 = 150 Dosen
Pembimbing,
S :
2 x 15 = 30
D :
2 x 30 = 60
L : 2 x 25 = 50
Keseluruhan :
2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 :
MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa : Siti
Afzalena
N I M :
74153091
Jenis Kelamin : Perempuan
Perguruan Tinggi : UIN
Sumatera Utara
Program Studi : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM : 11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
BIDANG MASALAH
|
MUTU KEGIATAN BELAJAR
|
MASALAH
|
||||
SKOR
|
%
|
NOMOR MASALAH
|
JML
|
%
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P (20)
|
10
|
25
|
002, 003, 005, 031, 033, 034, 061, 062, 092, 093
|
10
|
50
|
|
Keterampilan Belajar T (75)
|
43
|
28, 6
|
036, 039, 040, 066, 067, 070, 012, 013, 042, 043,
071, 072, 073, 074, 075, 100, 123, 124, 146, 101, 105, 126, 127, 128, 130,
152, 153, 107, 132, 134, 135, 156, 157,
|
33
|
44
|
|
Sarana Belajar S (15)
|
13
|
43, 3
|
016, 017,078, 079, 080
|
5
|
33, 3
|
|
Keadaan Diri Sendiri
D (30)
|
24
|
40
|
025, 051, 052, 054, 081, 083, 084, 114, 162,
|
9
|
30
|
|
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
|
14
|
28
|
027, 059, 060, 087, 088, 090, 118, 120, 141, 143,
144
|
11
|
44
|
|
Keseluruhan (165)
|
104
|
31, 5
|
Sama dengan di atas
|
68
|
41, 2
|
|
Catatan :
P :
2 x 20 = 40 Medan, Mei
2016
T :
2 x 75 = 150 Dosen
Pembimbing,
S :
2 x 15 = 30
D :
2 x 30 = 60
L : 2 x 25 = 50
Keseluruhan :
2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa : Aulia
Wulandari
N I M :
74153044
Jenis Kelamin :Perempuan
Perguruan Tinggi : UIN
Sumatera Utara
Program Studi : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM : 11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
BIDANG MASALAH
|
MUTU KEGIATAN BELAJAR
|
MASALAH
|
|||
SKOR
|
%
|
NOMOR MASALAH
|
JML
|
%
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P (20)
|
21
|
52, 5
|
002, 03, 032, 035, 061
|
6
|
30
|
Keterampilan Belajar
T (75)
|
84
|
56
|
09, 036, 038, 039, 040, 066, 067, 069, 011, 015,
044, 074, 075, 098, 100, 107, 108, 109, 122, 126, 127, 132, 149, 154, 157,
159
|
26
|
34,6
|
Sarana Belajar
S
(15)
|
14
|
46, 6
|
020, 047, 048, 078, 079
|
5
|
33,3
|
Keadaan Diri Sendiri
D (30)
|
28
|
46, 6
|
022, 053, 081, 083, 084, 085, 112, 115, 136, 137,
139, 161, 164, 165
|
14
|
46,6
|
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
|
26
|
52
|
027, 058, 086, 087, 088, 120, 141, 143
|
8
|
32
|
Keseluruhan (165)
|
173
|
52, 4
|
Sama dengan di atas
|
56
|
33,9
|
Catatan :
P :
2 x 20 = 40 Medan, Mei 2016
T :
2 x 75 = 150 Dosen
Pembimbing,
S :
2 x 15 = 30
D :
2 x 30 = 60
L : 2 x 25 = 50
Keseluruhan :
2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 :
MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa : Rabiatul
Husna Hasibuan
N I M :
74153055
Jenis Kelamin : Perempuan
Perguruan Tinggi : UIN
Sumatera Utara
Program Studi : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM : 11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
BIDANG MASALAH
|
MUTU KEGIATAN BELAJAR
|
MASALAH
|
||||
SKOR
|
%
|
NOMOR MASALAH
|
JML
|
%
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P (20)
|
12
|
30
|
033, 034, 035, 061, 092
|
5
|
25
|
|
Keterampilan Belajar
T (75)
|
57
|
38
|
036, 039, 067, 011, 012, 042, 044, 074, 098, 100,
122, 123, 104, 127, 131, 132, 133
|
18
|
24
|
|
Sarana Belajar
S
(15)
|
9
|
30
|
017, 046, 047, 077, 078, 080
|
6
|
40
|
|
Keadaan Diri Sendiri D (30)
|
28
|
46, 6
|
021, 022, 024, 025, 054, 082, 083
|
7
|
23,3
|
|
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
|
27
|
54
|
027, 057, 087, 089, 117, 118, 141, 143, 144
|
9
|
36
|
|
Keseluruhan (165)
|
133
|
40, 3
|
Sama dengan di atas
|
45
|
27, 2
|
|
Catatan :
P :
2 x 20 = 40 Medan, Mei
2016
T :
2 x 75 = 150 Dosen
Pembimbing,
S :
2 x 15 = 30
D :
2 x 30 = 60
L : 2 x 25 = 50
Keseluruhan :
2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 :
MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa : Rr.
Balqis Nurita Maharani
N I M :
74153012
Jenis Kelamin : Perempuan
Perguruan Tinggi : UIN
Sumatera Utara
Program Studi : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM : 11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
BIDANG MASALAH
|
MUTU KEGIATAN BELAJAR
|
MASALAH
|
|||
SKOR
|
%
|
NOMOR MASALAH
|
JML
|
%
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P (20)
|
16
|
40
|
002, 003, 035, 061, 062, 092
|
6
|
30
|
Keterampilan Belajar T (75)
|
59
|
39, 3
|
009, 011, 012, 013, 036, 070, 044, 073, 074, 098,
100, 106, 110, 124, 127, 131, 151, 152, 153, 158, 160
|
22
|
29,3
|
Sarana Belajar S (15)
|
9
|
30
|
016, 018, 076
|
3
|
30
|
Keadaan Diri Sendiri D (30)
|
29
|
48, 3
|
021, 022, 054, 082, 083, 084, 085, 165
|
8
|
26, 6
|
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
|
24
|
48
|
027, 089, 117, 119, 141, 144
|
6
|
24
|
Keseluruhan (165)
|
137
|
41, 5
|
Sama dengan di atas
|
44
|
26, 6
|
Catatan :
P :
2 x 20 = 40 Medan, Mei
2016
T :
2 x 75 = 150 Dosen
Pembimbing,
S :
2 x 15 = 30
D :
2 x 30 = 60
L : 2 x 25 = 50
Keseluruhan :
2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 :
MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa : Rafli
Serizawa
N I M :
74153044
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Perguruan Tinggi : UIN
Sumatera Utara
Program Studi : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM : 11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
BIDANG MASALAH
|
MUTU KEGIATAN BELAJAR
|
MASALAH
|
||||
SKOR
|
%
|
NOMOR MASALAH
|
JML
|
%
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P (20)
|
17
|
42, 5
|
002, 003, 005, 033, 034, 035, 061, 092, 093,
|
9
|
45
|
|
Keterampilan Belajar
T (75)
|
44
|
29, 3
|
008, 036, 037, 039, 040, 067, 070, 011, 012, 015,
042, 044, 071, 072, 073, 074, 075, 100, 122, 123, 104, 105, 126, 127, 128, 151,
152, 153, 155, 107, 108, 110, 131, 133, 135, 156, 158, 160
|
38
|
50, 6
|
|
Sarana Belajar S (15)
|
13
|
43, 3
|
016, 020, 046, 047, 076, 078
|
6
|
40
|
|
Keadaan Diri Sendiri D (30)
|
25
|
41, 6
|
021, 024, 025, 052, 082, 084, 114, 163,
|
8
|
26, 6
|
|
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
|
19
|
38
|
027, 087, 088, 089, 117, 118, 141, 143, 144
|
9
|
36
|
|
Keseluruhan (165)
|
118
|
35, 7
|
Sama dengan di atas
|
70
|
42, 4
|
|
Catatan :
P :
2 x 20 = 40 Medan, Mei
2016
T :
2 x 75 = 150 Dosen
Pembimbing,
S :
2 x 15 = 30
D :
2 x 30 = 60
L : 2 x 25 = 50
Keseluruhan :
2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 :
MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa : Sauki
Tenzira Yolanda
N I M :
74153090
Jenis Kelamin : Perempuan
Perguruan Tinggi : UIN
Sumatera Utara
Program Studi : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM : 11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
BIDANG MASALAH
|
MUTU KEGIATAN BELAJAR
|
MASALAH
|
||||
SKOR
|
%
|
NOMOR MASALAH
|
JML
|
%
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P (20)
|
18
|
45
|
001, 002, 003, 005,
|
4
|
20
|
|
Keterampilan Belajar T (75)
|
66
|
44
|
008, 036, 039, 040, 066, 011, 012, 013, 044, 073,
074, 075, 098, 100, 122, 102, 127, 152, 107, 131, 133, 158,
|
22
|
29, 3
|
|
Sarana Belajar
S
(15)
|
20
|
66, 6
|
016, 046, 047, 078,
|
4
|
26, 6
|
|
Keadaan Diri Sendiri D (30)
|
30
|
50
|
022, 082,
|
2
|
6, 6
|
|
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
|
21
|
42
|
027, 029, 059, 088, 118, 120, 141, 144
|
8
|
32
|
|
Keseluruhan (165)
|
155
|
46, 9
|
Sama dengan di atas
|
40
|
24, 2
|
|
Catatan :
P :
2 x 20 = 40 Medan, Mei
2016
T :
2 x 75 = 150 Dosen
Pembimbing,
S :
2 x 15 = 30
D :
2 x 30 = 60
L : 2 x 25 = 50
Keseluruhan :
2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
KELOMPOK
Kelompok/Kelas :Sistem Informasi-2
Jumlah Mahasiswa :10 Orang
Program Studi/ Th. Angkatan :Sistem Informasi/ 2015
Fakultas/Perguruan Tinggi :Sains dan Teknologi/ UIN Sumatera Utara
Tgl. Pengadministrasian AUM :11 Mei 2016
SKOR DAN MASALAH
MASALAH
|
SKOR
|
MASALAH
|
||||||||
TER
TINGGI
|
TER
RENDAH
|
JML
|
RATA-
RATA PER
MHS
|
TER
TINGGI
|
TER
RENDAH
|
JML
|
RATA-
RATA PER
MNS
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
||
Prasyarat Penguasaan Materi Pelajaran P (20)
|
21
|
10
|
140
|
14
|
10
|
4
|
74
|
7, 4
|
||
Ketrampilan belajar T
(75)
|
84
|
36
|
535
|
53, 5
|
32
|
18
|
273
|
27, 3
|
||
Sarana belajar S (15)
|
20
|
7
|
131
|
13, 1
|
9
|
3
|
52
|
5, 2
|
||
Diri pribadi D (30)
|
30
|
16
|
249
|
24, 9
|
18
|
2
|
96
|
9, 6
|
||
Lingkungan belajar L (25)
|
27
|
14
|
207
|
20, 7
|
11
|
6
|
|
82
|
8, 2
|
|
Keseluruhan (165)
|
173
|
99
|
1262
|
126, 2
|
71
|
40
|
|
573
|
57, 3
|
|
Medan, Mei
2016 Dosen pembimbing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar