Selasa, 24 Mei 2016

Hasil Pengolahan AUM PTSDL : Format 1 (Mahasiswa)



Alat Ungkap Masalah
Seri PTSDL
Format 1: PT
Alat ungkap masalah seri PTSDL adalah salah satu instrumen yang digunakan untuk mengungkap bagaimana siswa belajar. Melalui instrumen ini, berdasarkan jawaban siswa diharapkan mampu mengungkap mutu belajar siswa sekaligus mengungkap masalah-masalah siswa yang berkaitan dengan belajar.
Disadari sepenuhnya bahwa keberhasilan mahasiswa dalam belajar tidak hanya ditentukan oleh dosen dalam proses belajar mengajar di kelas, namun banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam menguasai materi perkuliahan, baik di dalam maupun di luar kampus. Dengan memperhatikan ruang lingkup dan kondisi kehidupan mahasiswa pada umumnya maka AUM disusun berdasarkan berbagai masalah yang mungkin dialami oleh siswa dalam belajar.
Dalam pelaksanaan praktik aplikasi instrumentasi ini, penulis menggunakan Instrumen AUM PTSDL FORMAT 1: Mahasiswa, analisa maupun pengelompokan bidang-bidang masalah yang sama-sama dikelompokkan menjadi 5 bidang masalah yaitu:
1.      P = Prasyarat penguasaan materi pelajaran
2.      T = Keterampilan belajar
3.      S = Sarana belajar
4.      D = Keadaan diri pribadi
5.      L = Lingkungan belajar dan sosioemosional
AUM PTSDL FORMAT 1: Mahasiswa/ PT ini memiliki 165 pernyataan yang selanjutnya akan diisi oleh mahasiswa dengan jawaban J (Jarang), K (Kadang-kadang), Sr (Sering), U (Umumnya), dan Sl (Selalu)  untuk dapat dianalisa dan akan menentukan mutu kegiatan belajar mahasiswa dan menentukan hasil belajar mahasiswa.















HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU

Nama Mahasiswa                        : Aulia Pratama Tbn
N I M                                          : 74153007
Jenis Kelamin                              : Laki-Laki
Perguruan Tinggi                         : UIN Sumatera Utara
Program Studi                             : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM       : 11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH

BIDANG MASALAH
MUTU KEGIATAN BELAJAR
MASALAH
SKOR
%
NOMOR MASALAH
JML
%
1
2
3
4
5
6
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P  (20)
10
25
001, 003, 031, 033, 062, 064, 091, 093, 095
9
45
Keterampilan Belajar   T (75)
56
37, 3
006, 009, 011, 014, 040, 044, 069, 070, 71,  098, 102, 103, 109, 110, 122, 126, 127, 131, 146, 148, 151, 153, 155, 157, 159
25
33, 3
Sarana Belajar         S     (15)
16
53, 3
016, 019, 046, 047, 077, 079
6
40
Keadaan Diri Sendiri D  (30)
23
38, 8
022, 024, 051, 081, 082, 083, 085, 114, 115, 140, 163, 165
12
40
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional  L (25)
20
40
029, 058, 059, 060, 090, 145
6
24

Keseluruhan                     (165)
125
37, 8
Sama dengan di atas
58
35, 2








Catatan :
P                        : 2 x 20 = 40                                                          Medan,     Mei 2016
T                        : 2 x 75 = 150                                                        Dosen Pembimbing,
S                        : 2 x 15 = 30
D                       : 2 x 30 = 60
L                        : 2 x 25 = 50
Keseluruhan      : 2 x 165 = 330

HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU

Nama Mahasiswa                        : Irma Yunita
N I M                                          : 74153001
Jenis Kelamin                              : Perempuan
Perguruan Tinggi                         : UIN Sumatera Utara
Program Studi                             : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM       : 11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH

BIDANG MASALAH
MUTU KEGIATAN BELAJAR
MASALAH
SKOR
%
NOMOR MASALAH
JML
%
1
2
3
4
5
6
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P  (20)
14
35
001, 002, 003, 035, 092, 094
6
30
Keterampilan Belajar T  (75)
36
24
006, 008, 036, 037, 039, 040, 066, 011, 012, 015, 043, 045, 071, 072, 074, 099, 100, 121, 123, 125, 102, 126, 127, 128, 107, 108, 131, 133, 135,
29
38, 6
Sarana Belajar        S      (15)
12
40
016, 020, 046, 047, 080
5
33, 3
Keadaan Diri Sendiri  D (30)
21
35
021, 022, 081, 082,  140, 162, 163, 165
8
26, 6
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L  (25)
16
32
027, 087, 088, 118, 141, 144, 145
7
28

Keseluruhan                     (165)
99
30
Sama dengan di atas
55
33, 3








Catatan :
P                        : 2 x 20 = 40                                                          Medan,   Mei 2016
T                        : 2 x 75 = 150                                                        Dosen Pembimbing,
S                        : 2 x 15 = 30
D                       : 2 x 30 = 60
L                        : 2 x 25 = 50
Keseluruhan      : 2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa                        : Suci Humairoh Sitorus
N I M                                          : 74153098
Jenis Kelamin                              : Perempuan
Perguruan Tinggi                         : UIN Sumatera Utara
Program Studi                             : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM       : 11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH

BIDANG MASALAH
MUTU KEGIATAN BELAJAR
MASALAH
SKOR
%
NOMOR MASALAH
JML
%
1
2
3
4
5
6
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P  (20)
10
25
001, 004, 005, 033, 061, 064, 091, 092, 093,
9
45
Keterampilan Belajar  T (75)
45
30
010, 013, 036, 038, 067, 069, 015, 042, 044, 045, 071, 072, 073, 100, 122, 125, 101, 126, 128, 151, 153, 107, 108, 110, 131, 133, 156, 160
28
37, 3
Sarana Belajar         S     (15)
7
23, 3
016, 017, 020, 046, 049, 076, 078, 079, 080
9
60
Keadaan Diri Sendiri  D  (30)
25
41, 6
021, 022, 024, 025, 081, 083, 113, 138, 163
10
33, 3
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L  (25)
18
36
027, 056, 087, 088, 090, 116, 117, 118, 142, 145
10
40

Keseluruhan                     (165)
105
31, 8
Sama dengan di atas
66
40

Catatan :
P                        : 2 x 20 = 40                                                          Medan,   Mei 2016
T                        : 2 x 75 = 150                                                        Dosen Pembimbing,
S                        : 2 x 15 = 30
D                       : 2 x 30 = 60
L                        : 2 x 25 = 50
Keseluruhan      : 2 x 165 = 330

HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa                        : Dwiky Guntara
N I M                                          : 74153091
Jenis Kelamin                              : Laki-Laki
Perguruan Tinggi                         : UIN Sumatera Utara
Program Studi                             : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM       : 11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH

BIDANG MASALAH
MUTU KEGIATAN BELAJAR
MASALAH
SKOR
%
NOMOR MASALAH
JML
%
1
2
3
4
5
6
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P  (20)
12
30
002, 003, 005, 035, 061, 064, 065, 092, 093, 095
10
50
Keterampilan Belajar T  (75)
45
30
009, 038, 069, 070, 011, 012, 013, 042, 043, 073, 075, 097, 098, 100, 121, 122, 123, 125, 146, 148, 101, 126, 127, 151, 152, 153, 107, 108, 110, 131, 158, 159
32
42,6
Sarana Belajar          S    (15)
18
60
016, 047,  078
3
20
Keadaan Diri Sendiri D  (30)
16
26, 6
021, 022, 023, 025, 052, 054, 081, 083, 084, 085, 111, 115, 136, 137, 139, 140, 161, 162
18
60
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional  L  (25)
22
44
027,  056, 057, 060, 089,  117, 118, 120
8
32

Keseluruhan                     (165)
113
34, 2
Sama dengan di atas
71
43







Catatan :
P                        : 2 x 20 = 40                                                          Medan,   Mei 2016
T                        : 2 x 75 = 150                                                        Dosen Pembimbing,
S                        : 2 x 15 = 30
D                       : 2 x 30 = 60
L                        : 2 x 25 = 50
Keseluruhan      : 2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa                        : Siti Afzalena
N I M                                          : 74153091
Jenis Kelamin                              : Perempuan
Perguruan Tinggi                         : UIN Sumatera Utara
Program Studi                             : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM       : 11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH

BIDANG MASALAH
MUTU KEGIATAN BELAJAR
MASALAH
SKOR
%
NOMOR MASALAH
JML
%
1
2
3
4
5
6
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P  (20)
10
25
002, 003, 005, 031, 033, 034, 061, 062, 092, 093
10
50
Keterampilan Belajar T   (75)
43
28, 6
036, 039, 040, 066, 067, 070, 012, 013, 042, 043, 071, 072, 073, 074, 075, 100, 123, 124, 146, 101, 105, 126, 127, 128, 130, 152, 153, 107, 132, 134, 135, 156, 157,
33
44
Sarana Belajar         S     (15)
13
43, 3
016, 017,078,  079, 080
5
33, 3
Keadaan Diri Sendiri  D  (30)
24
40
025, 051, 052, 054, 081, 083, 084, 114, 162,
9
30
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L  (25)
14
28
027, 059, 060, 087, 088, 090, 118, 120, 141, 143, 144
11
44

Keseluruhan                     (165)
104
31, 5
Sama dengan di atas
68
41, 2








Catatan :
P                        : 2 x 20 = 40                                                          Medan,   Mei 2016
T                        : 2 x 75 = 150                                                        Dosen Pembimbing,
S                        : 2 x 15 = 30
D                       : 2 x 30 = 60
L                        : 2 x 25 = 50
Keseluruhan      : 2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa                        : Aulia Wulandari
N I M                                          : 74153044
Jenis Kelamin                              :Perempuan
Perguruan Tinggi                         : UIN Sumatera Utara
Program Studi                             : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM       : 11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH

BIDANG MASALAH
MUTU KEGIATAN BELAJAR
MASALAH
SKOR
%
NOMOR MASALAH
JML
%
1
2
3
4
5
6
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran  P  (20)
21
52, 5
002, 03, 032, 035, 061
6
30
Keterampilan Belajar  T  (75)
84
 56
09, 036, 038, 039, 040, 066, 067, 069, 011, 015, 044, 074, 075, 098, 100, 107, 108, 109, 122, 126, 127, 132, 149, 154, 157, 159
26
34,6
Sarana Belajar      S        (15)
14
46, 6
020, 047, 048, 078, 079
5
33,3
Keadaan Diri Sendiri  D  (30)
28
46, 6
022, 053, 081, 083, 084, 085, 112, 115, 136, 137, 139, 161, 164, 165
14
46,6
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional  L (25)
26
52
027, 058, 086, 087, 088, 120, 141, 143
8
32
Keseluruhan                     (165)
173
52, 4
Sama dengan di atas
56
33,9

Catatan :
P                        : 2 x 20 = 40                                                          Medan,   Mei 2016
T                        : 2 x 75 = 150                                                        Dosen Pembimbing,
S                        : 2 x 15 = 30
D                       : 2 x 30 = 60
L                        : 2 x 25 = 50
Keseluruhan      : 2 x 165 = 330

HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU
Nama Mahasiswa                        : Rabiatul Husna Hasibuan
N I M                                          : 74153055
Jenis Kelamin                              : Perempuan
Perguruan Tinggi                         : UIN Sumatera Utara
Program Studi                             : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM       : 11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH

BIDANG MASALAH
MUTU KEGIATAN BELAJAR
MASALAH
SKOR
%
NOMOR MASALAH
JML
%
1
2
3
4
5
6
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P  (20)
12
30
033, 034, 035, 061, 092
5
25
Keterampilan Belajar  T (75)
57
38
036, 039, 067, 011, 012, 042, 044, 074, 098, 100, 122, 123, 104, 127, 131, 132, 133
18
24
Sarana Belajar        S      (15)
9
30
017, 046, 047, 077, 078, 080
6
40
Keadaan Diri Sendiri D  (30)
28
46, 6
021, 022, 024, 025, 054, 082, 083
7
23,3
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional  L (25)
27
54
027, 057, 087, 089,  117, 118, 141, 143, 144
9
36

Keseluruhan                     (165)
133
40, 3
Sama dengan di atas
45
27, 2








Catatan :
P                        : 2 x 20 = 40                                                          Medan,   Mei 2016
T                        : 2 x 75 = 150                                                        Dosen Pembimbing,
S                        : 2 x 15 = 30
D                       : 2 x 30 = 60
L                        : 2 x 25 = 50
Keseluruhan      : 2 x 165 = 330


HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU

Nama Mahasiswa                        : Rr. Balqis Nurita Maharani
N I M                                          : 74153012
Jenis Kelamin                              : Perempuan
Perguruan Tinggi                         : UIN Sumatera Utara
Program Studi                             : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM       : 11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH

BIDANG MASALAH
MUTU KEGIATAN BELAJAR
MASALAH
SKOR
%
NOMOR MASALAH
JML
%
1
2
3
4
5
6
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran  P (20)
16
40
002, 003, 035, 061, 062, 092
6
30
Keterampilan Belajar   T (75)
59
39, 3
009, 011, 012, 013, 036, 070, 044, 073, 074, 098, 100, 106, 110, 124, 127, 131, 151, 152, 153, 158, 160
22
29,3
Sarana Belajar         S     (15)
9
30
016, 018, 076
3
30
Keadaan Diri Sendiri D  (30)
29
48, 3
021, 022, 054, 082, 083, 084, 085, 165
8
26, 6
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L (25)
24
48
027, 089, 117, 119, 141, 144
6
24

Keseluruhan                     (165)
137
41, 5
Sama dengan di atas
44
26, 6

Catatan :
P                        : 2 x 20 = 40                                                          Medan,   Mei 2016
T                        : 2 x 75 = 150                                                        Dosen Pembimbing,
S                        : 2 x 15 = 30
D                       : 2 x 30 = 60
L                        : 2 x 25 = 50
Keseluruhan      : 2 x 165 = 330


HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU

Nama Mahasiswa                        : Rafli Serizawa
N I M                                          : 74153044
Jenis Kelamin                              : Laki-Laki
Perguruan Tinggi                         : UIN Sumatera Utara
Program Studi                             : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM       : 11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH

BIDANG MASALAH
MUTU KEGIATAN BELAJAR
MASALAH
SKOR
%
NOMOR MASALAH
JML
%
1
2
3
4
5
6
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran   P (20)
17
42, 5
002, 003, 005, 033, 034, 035, 061, 092, 093,
9
45
Keterampilan Belajar  T (75)
44
29, 3
008, 036, 037, 039, 040, 067, 070, 011, 012, 015, 042, 044, 071, 072, 073, 074, 075, 100, 122, 123, 104, 105, 126, 127, 128, 151, 152, 153, 155, 107, 108, 110, 131, 133, 135, 156, 158, 160
38
50, 6
Sarana Belajar         S     (15)
13
43, 3
016, 020, 046, 047, 076, 078
6
40
Keadaan Diri Sendiri D  (30)
25
41, 6
021, 024, 025, 052,  082, 084, 114, 163,
8
26, 6
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional   L (25)
19
38
027, 087, 088, 089, 117, 118, 141, 143, 144
9
36

Keseluruhan                     (165)
118
35, 7
Sama dengan di atas
70
42, 4







Catatan :
P                        : 2 x 20 = 40                                                          Medan,   Mei 2016
T                        : 2 x 75 = 150                                                        Dosen Pembimbing,
S                        : 2 x 15 = 30
D                       : 2 x 30 = 60
L                        : 2 x 25 = 50
Keseluruhan      : 2 x 165 = 330
HASIL PENGOLAHAN AUM
SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
INDIVIDU

Nama Mahasiswa                        : Sauki Tenzira Yolanda
N I M                                          : 74153090
Jenis Kelamin                              : Perempuan
Perguruan Tinggi                         : UIN Sumatera Utara
Program Studi                             : Sistem Informasi
Tgl. Pengadministrasi AUM       : 11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH

BIDANG MASALAH
MUTU KEGIATAN BELAJAR
MASALAH
SKOR
%
NOMOR MASALAH
JML
%
1
2
3
4
5
6
Persyaratan penguasaan Materi pelajaran P  (20)
18
45
001, 002, 003, 005,
4
20
Keterampilan Belajar T  (75)
66
44
008, 036, 039, 040, 066, 011, 012, 013, 044, 073, 074, 075, 098, 100, 122, 102, 127, 152, 107, 131, 133, 158,
22
29, 3
Sarana Belajar       S       (15)
20
66, 6
016, 046, 047, 078,
4
26, 6
Keadaan Diri Sendiri D  (30)
30
50
022, 082,
2
6, 6
Keadaan lngkungan Fisik dan Sosio-Emosional L  (25)
21
42
027, 029, 059, 088, 118, 120, 141, 144
8
32

Keseluruhan                     (165)
155
46, 9
Sama dengan di atas
40
24, 2








Catatan :
P                        : 2 x 20 = 40                                                          Medan,   Mei 2016
T                        : 2 x 75 = 150                                                        Dosen Pembimbing,
S                        : 2 x 15 = 30
D                       : 2 x 30 = 60
L                        : 2 x 25 = 50
Keseluruhan      : 2 x 165 = 330

HASIL PENGOLAHAN AUM
 SERI PTSDL FORMAT 1 : MAHASISWA
KELOMPOK

Kelompok/Kelas                           :Sistem Informasi-2
Jumlah Mahasiswa                        :10 Orang
Program Studi/ Th. Angkatan       :Sistem Informasi/ 2015
Fakultas/Perguruan Tinggi            :Sains dan Teknologi/ UIN Sumatera Utara
Tgl. Pengadministrasian AUM     :11 Mei 2016

SKOR DAN MASALAH


MASALAH
SKOR
MASALAH
TER
TINGGI
TER
RENDAH
JML
RATA-
RATA PER
MHS
TER
TINGGI
TER
RENDAH
JML
RATA-
RATA PER
MNS
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Prasyarat Penguasaan Materi Pelajaran P (20)
21
10
140
14
10
4
74
7, 4
Ketrampilan belajar T
(75)
84
36
535
53, 5
32
18
273
27, 3
Sarana belajar S (15)
20
7
131
13, 1
9
3
52
5, 2
Diri pribadi D (30)
30
16
249
24, 9
18
2
96
9, 6
Lingkungan belajar L (25)
27
14
207
20, 7
11
6

82
8, 2
Keseluruhan (165)
173
99
1262
126, 2
71
40

573
57, 3












                                                                                                        Medan,   Mei 2016                                  Dosen pembimbing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VECTOR ART RONALDO