Rabu, 29 November 2017

RENCANA PROGRAM KERJA KELOMPOK KKN INTEGRASI-TRANSDISIPLINER UIN SUMATERA UTARA MEDAN TAHUN AKADEMIK 2017 LOKASI: DESA CINTA RAKYAT, KECAMATAN PERCUT SEI TUAN, KABUPATEN DELI SERDANG DPL : M. ASWIN, M. AP



 


 


RENCANA PROGRAM KERJA KELOMPOK
KKN INTEGRASI-TRANSDISIPLINER
UIN SUMATERA UTARA MEDAN
TAHUN AKADEMIK 2017
LOKASI: DESA CINTA RAKYAT,
KECAMATAN PERCUT SEI TUAN,
KABUPATEN DELI SERDANG
DPL  : M. ASWIN, M. AP
NO
NAMA
NIM
FAKULTAS
1
Buana Albupo
14144004
FDK
2
Ilham
14144005
FDK
3
Abdur Rahman Syah
53144024
FEBI
4
Nurhamidah
53144025
FEBI
5
Sonya Melinda Nasution
53144026
FEBI
6
Ayu Apriyani Sari
51141010
FEBI
7
Elvi Junisa
23141017
FSH
8
Elisyapitri Yani Harahap
23143002
FSH
9
Byanti Piacenza
24143076
FSH
10
Maulida
44144004
FUSI
11
Jumadi
32143027
FITK
12
Nazli Rustian
33141010
FITK
13
Muhammad Saleh Nst
33143073
FITK
14
Dila Pratiwi
31143032
FITK
15
Epi Juniartik
31141013
FITK
16
Indah Hari Utami
31144044
FITK
17
Putri Indah Cahyani
35143008
FITK
18
Putri Riza Umami
35143012
FITK
19
Riska Dwi Wahyuni
35143008
FITK
20
Rahmadani
36143094
FITK
21
Riskia Fitri Lubis
36143052
FITK
22
Nurul Hidayah
36143102
FITK
23
Risnawati Sinurat
36141054
FITK

KULIAH KERJA NYATA
UIN SUMATERA UTARA
TAHUN 2017

KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb
Salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat yang dimaksudkan agar perguruan tinggi tidak hanya menjadi menara gading pusatt pengkajian ilmu pengetahuan. Perguruan tinggi harus mampu memberikan sumbangan pengabdian kepada nyata kepada masyarakat. Salah satunya adalah dalam bentuk kuliah kerja nyata (KKN).
Penghargaan setinggi-tinginya dan ucapan terima kasih kita sampaikan kepada bapak Bupati, Camat, Kepala Desa, Lurah dan smeua pihak yang telah memberikn bantuan dan bimbingan atas terlaksananya kegiatan KKN ini. Kepada seluruh mahasiswa dipesankan agar mampu menjaga kepercayaan masyarakat sebagai prasyarat meraih keberhasilan dalam tugas dan pengabdian ini, serta menjaga amanah keilmuan dan almamater dengan sebaik-baiknya. Semoga kegiatan ini diridhoi Allah SWT.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Deli Serdang, 05 Juli 2017















DAFTAR ISI
Kata Pengantar........................................................................................ i
Daftar Isi................................................................................................. ii
Halaman Pengesahan............................................................................... iii
I.                   Pendahuluan.......................................................................... 1
II.                Kondisi Objektif Lokasi KKN
A.    Geografis......................................................................... 3
B.     Demografis......................................................................
C.     Sosial Budaya..................................................................
D.    Permasalahan...................................................................
III.             Kondisi yang Diharapkan
IV.             Program Kerja (Bentuk-Bentuk dari Program kerja, Tujuan dan Indikator Pencapaian)
i.                    Agama...........................................................
ii.                  Pendidikan....................................................
iii.                Sosial Budaya................................................
iv.                Kesehatan......................................................
v.                  Ekonomi dan Wirausaha...............................
vi.                Lingkungan...................................................
V.                Mekanisme Pelaksanaan........................................................
VI.             Penutup dan Lampiran..........................................................











HALAMAN PENGESAHAN
BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIM

Setelah diadakan pengarahan, bimbingan, koreksi dan perbaikan seperlunya dari program kerja kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) Integrasi-Transdisipliner tahun akademik 2017 UIN Sumatera Utara Medan, saudara:

Lokasi             : Desa Cinta Rakyat, Kec.Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang
DPL                : M. Aswin, M. Ap

NO
NAMA
NIM
FAKULTAS
1
Buana Albupo
14144004
FDK
2
Ilham
14144005
FDK
3
Abdur Rahman Syah
53144024
FEBI
4
Nurhamidah
53144025
FEBI
5
Sonya Melinda Nasution
53144026
FEBI
6
Ayu Apriyani Sari
51141010
FEBI
7
Elvi Junisa
23141017
FSH
8
Elisyapitri Yani Harahap
23143002
FSH
9
Byanti Piacenza
24143076
FSH
10
Maulida
44144004
FUSI
11
Jumadi
32143027
FITK
12
Nazli Rustian
33141010
FITK
13
Muhammad Saleh Nst
33143073
FITK
14
Dila Pratiwi
31143032
FITK
15
Epi Juniartik
31141013
FITK
16
Indah Hari Utami
31144044
FITK
17
Putri Indah Cahyani
35143008
FITK
18
Putri Riza Umami
35143012
FITK
19
Riska Dwi Wahyuni
35143008
FITK
20
Rahmadani
36143094
FITK
21
Riskia Fitri Lubis
36143052
FITK
22
Nurul Hidayah
36143102
FITK
23
Risnawati Sinurat
36141054
FITK

Dipandang sudah memenuhi syarat untuk diajukan sebagai program kerja kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) Integrasi-Transdisipliner tahun akademik 2017 UIN Sumatera Utara Medan dari saudara-saudara tersebut di atas.
Demikian pengesahan ini kami berikn, semoga dapat dipergunakn sebagaimana mestinya.

Deli Serdang, 10 Juli 2017
        Dosen Pembimbing Lapangan                                  Kepala Desa

        Muhammad Aswin, M. AP                                    Suhartono, ST

BAB I
PENDAHULUAN
              Kegiatan Kuliah Koerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus. Sekaligus sebagai proses pembelajaran serta mengabdi kepada masyarakat yang sedang membangun dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang sedang dihadapi. KKN dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan misi dan bobot pendidikan pada mahasiswa untuk mendapat nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi.
              KKN ( Kuliah Kerja Nyata) dilaksanakan dimasyarakat diluar kampus dengan maksud meningkatakan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan. Teknologi agama serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang makin meningkat serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara landasan teori yang diperoleh dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat secara nyata.         Bagi mahasiswa kegiatan KKN merupakan pengalaman belajar baru yang tidak diperoleh didalam kampus. Dengan selesainya KKN mahasiswa memiliki pengetahuan , kemampuan dan kesadaran baru tentang bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
              Secara sosiologis dalam kemandirian manusia bahwa interaksi sosial adalah kebutuhan yang paling mendasar dalam menjalankan proses hidupnya. Interaksi sosial ini terbangun sebagai konsekuensi logis dari kesadaran manusia bahwa kebutuhan pada sisi–sisi tertentu kemanusiannya tidak dapat tercapai tanpa interaksi dengan sesamanya. Artinya manusiapun harus cerdas untuk menemukan model komunikasi yang mampu menjawab segala kebutuhan-kebutuhan tersebut tanpa ada diskriminasi atau dengan kata lain komunikasi yang terbangun harus mampu mengakomodir semua kepentingan, menyatukan dan mensinergiskan gerakan segala elemen masyarakat dalam struktur sosial yang sangat kompleks.
Saling tolong-menolong, saling menghargai, adanya pengakuan terhadap hak-hak individu, munculnya simpati, empati dan kepedulian sosial serta segala bentuk tindakan sosial yang banyak kita saksikan dalam aktivitas keseharian kita adalah manifestasi dari cita-cita mulia untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Makanya pranata sosial yang terbangun dalam masyarakat (community) harus dapat menciptakan keteraturan sosial, menjamin stabilitas sosial, jaminan rasa aman yang di peroleh setiap anggota masyarakat, menciptakan suasana yang nyaman dan tentram serta jaminan keselamatan lain. 
              Institusi Pendidikan tinggi adalah adalah salah satu elemen Bangsa yang turut bertanggung jawab dalam usaha pencapaian cita-cita ideal Negara tersebut. Pendidikan tinggi merupakan benteng terakhir dalam menghadapi segala goncangan dan problematika kebangsaan. Pendidikan tinggi harus mampu berperan sebagai produsen pengetahuan, laboratorium pengujian kebenaran, menjaga aset pengetahuan, mampu mendiagnosa penyakit dan prolematika kebangsaan serta menformulasi resep alternatif yang solutif terhadap penyakit dan problematika tersebut, secara aktif dan kreatif menyusun metodologi yang proporsional dan profesional untuk mengaplikasikan segala gagasan dalam bentuk tindakan yang riil di masyarakat. Secara umum konsep operasional itu tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 
              Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk mengejawantahan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat karena mahasiswa diberi kesempatan secara langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk mengaplikasikan segala bentuk pengetahuan yang telah diperoleh di perguruan tinggi sekaligus Kuliah Kerja Nyata adalah ruang pembelajaran yang baru bagi mahasiswa untuk pengembangan dirinya.









BAB II
KONDISI OBJEKTIF LOKASI KKN

A.    Geografis
Letak geografis Desa Cinta Rakyat
Sebelah Barat              :
Sebelah Timur             :
Sebelah Selatan           :
Sebelah Utara              :
Kondisi Geografis Desa Cinta Rakyat
Laus keseluruhan desa            :
Penggunaan lahan
Persawahan                             :
Pemukiman                             :
Perkebunan                             :
Pengairan                                :
Empang/Tambak                     :
Untuk bangunan
Sekolah                                   :
Perkantoran                             :
Pasar                                        :
Tempat ibadah                                    :
Makam                                    :
Lain – lain                               : 

B.     Demografis
C.    Sosial Budaya
              Secara keseluruhan kondisi sosial budaya masyarakat di Desa Cinta Rakyat cukup harmonis. Desa ini terdiri dari beberapa suku dan ras namun yang mendominasi dan menjadi mayoritas adalah Suk Jawa selebihnya terdiri dari suku Banjar, Melayu, Mandailing dan lainnya. Desa ini sudah termasuk menjadi desa yang maju karena berada di pinggiran Kota Medan. Mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah bertani, berkebun, karyawan, berwirausaha dan lainnya. Secara keseluruhan Desa Cinta Rakyat orangnya ramah-ramah dan menerima kehadiran tamu dari luar dan sangat berapresiasi terhadap kehadiran mahasiswa KKN UIN SU yang hadir di desa ini.
              Anak-anak juga memiliki antusias yang tinggi untuk berkumpul dan bermain bersama apalagi ketika mahasiswa KKN membuka program belajar bersama sebagai sarana pengembangan minat dan bakat anak-anak di desa tersebut.

D.    Permasalahan
Adapun beberapa permasalahan yang terdapat di Desa Cinta Rakyat ini adalah:
1.      Sebagian masyarakat terkesan acuh tak acuh terhadap kegiatan mahasiswa KKN, karena sudah terbiasa dengan kehadiran mahasiswa yang melakukan praktek di desanya.
2.      Kegiatan remaja Masjid maupun Musholla terkesan tidak aktif, remaja-remaja hanya mengisi masjid ketika solat lima waktu dan perwiridan, namun jarang membuat kegiatan-kegiatan yang lain.
3.      Pemikiran masyarakat yang sudah perkotaan membuat masyarakat terkesan cuek dan sulit mengumpulkan massa untuk suatu kegiatan karena memiliki kesibukan tersendiri.
4.      Beberapa remaja sudah terjerat dalam pengaruh narkoba.











BAB III
KONDISI YANG DIHARAPKAN
              Harapan kami selaku mahasiswa KKN UIN Sumatera Utara yang bertugas mengabdi di Desa Cinta Rakyat ini adalah semoga desa ini semakin maju dan terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Kemudian masyarakat Desa Cinta Rakyat dapat berpartisipasi dalam mendukung dan mensukseskan kegiatan-kegiatan dari program kerja mahasiswa KKN UIN Sumatera Utara.
              Kami juga memohon kiranya masyarakat dapat memberikan contoh yang baik dan pembelajaran yang berharga kepada kami yang melakukan praktek di desa ini, dengan mengingatkan kami apabila ada hal-hal yang tidak sesuai dan apabila ada hal-hal yang bertentangan dengan adat, budaya, norma di desa ini.
              Kepada remaja-remaja/pemuda/i semoga dapat bekerjasama dengan baik dengan mahasiswa KKN UIN Sumatera Utara untuk menimbulkan hal-hal yang positif demi memajukan pemikiran serta pembangunan Desa Cinta Rakyat lebih ke arah yang baik dan menciptakan kegiatan yang produktif dan dapat dirasakan seluruh masyarakat yang ada di Desa Cinta Rakyat.
















BAB IV
PROGRAM KERJA

NO
Nama Kegiatan
Tujuan
Indikator Pencapaian
Kuantitatif
Kualitatif
Bidang Keagamaan
1.
Perwiridan
(bapak-bapak,Ibu-ibu, remaja)
Sebagai salah satu sarana untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat
Kehadiran 50% dari jumlah anggota perwiridan
Kembali menghidupkan kegiatan perwiridan dan terus berkelanjutan
2.
Bimbingan belajar mengaji
Untuk memperkenalkan Al-qur’an dan nilai-nilai keislaman kepada anak-anak di desa setempat
Kehadiran lebih dari 20 orang  anak untuk belajar mengaji
Anak-anak mengenal huruf hijaiyah dan ilmu tajwid dengan bacaan yang fasih
3.
Tahfiz Qur’an
Agar anak-anak dapat menghafal dengan mudah surah-surah pendek Al-Qur’an dengan mudah
Kehadiran lebih dari 20 orang  anak untuk belajar tahfiz
Memudahkan dalam menghafal
Bidang Pendidikan
4.
Bimbingan belajar
Membantu anak-anak dalam memahami pelajaran di sekolah
Kehadiran lebih dari 20 orang  anak untuk bimbingan belajar
Membantu kendala belajar yang dialami anak-anak
5.
PPL di Sekolah
Praktek pengalaman lapangan mengajar di sekolah
50% mahasiswa KKN ikut serta dalam PPL di Sekolah
Mendapatkan pelajaran berharga dalam pelaksanaan PPL
6.
Pengembangan kreatifitas
Mengambangkan minat dan bakat masyarakat
Kehadiran 30 orang
Semakin kreatif dan produktif
Bidang Sosial dan Budaya
7.
Bakti Sosial Masyarakat
Sebagai sarana silaturahmi masyarakat dan membersihkan lingkungan sekitar
30% masyarakat ikut serta
Kedekatan mahaiswa KKN dengan masyarakat
8.
Gotong Royong Masjid/Musholla
Membersihkan lingkungan Masjid/Musholla
30% masyarakat ikut serta
Masjid/Musholla Desa menjadi bersih dan terawat
9.
Festival Anak Soleh Indonesia (FASI)
Meningkatkan nilai-nilai kompetesi budaya Islami masyarakat
50% masyarakat Desa ikut serta
Dapat menumbuhkan budaya Islami di tengah-tengah masyarakat
Bidang Kesehatan
10.
Ikut serta POSYANDU
Membantu kegiatan posyandu di Desa
Seluruh mahasiswa KKN ikut serta
Meringankan kegiatan petugas Posyandu setempat
Bidang Ekonomi dan Wirausaha
11.
Pelatihan Kewirausahaan dan Kerajinan Tangan
Meningkatkan kreatifitas masyarakat, mengolah bahan tak berguna menjadi sumber dana
30% masyarakat ikut serta
Barang-barang hasil kerajinan dapat dijual kembali sehingga menghasilkan uang tambahan
Bidang Lingkungan
12.
Penghijauan
Agar desa kembali dihijaukan dengan pohon-pohon
Dapat menanam 10 pohon di desa
Pohon dapt tumbuh subur dan bermanfaat di masyarakat













BAB V
MEKANISME PELAKSANAAN

A.    Pola Koordinasi
Kepala Desa Cinta Rakyat
Kepala-Kepala Dusun
Masyarakat
Tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat
Remaja
Mahasiswa KKN UIN SU
Dosen Pembimbing Lapangan
 
















B.     Pihak yang Diajak Ikut Serta
Beberapa pihak yang diajak dalam melaksankan kegiatan dan program kerja KKN Mahasiswa UIN Sumatera Utara ini adalah:
1.      Kepala desa
2.      Kepala-kepala dusun
3.      Tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat
4.      Remaja putra dan putri
5.      Anak-anak
6.      Lembaga swadaya masayarakat
7.      Madrasah/sekolah


C.    Jadwal kegiatan Kelompok
NO
Nama Kegiatan
Waktu
Tempat
Penanggung Jawab
Bidang Keagamaan
1.
Perwiridan
(bapak-bapak,Ibu-ibu, remaja)
-Setiap malam Sabtu (remaja)
-Setiap malam Rabu (Ibu-Ibu)
-Setiap Jum’at siang (ibu)
Musholla dusun III dan Rumah yang terjadwal
Ilham
Abdur Rahman Syah
2.
Bimbingan belajar mengaji
Setiap hari Senin s/d Jum’at
Pukul 19.00 WIB (ba’da Magrib)
Musholla Al-maghfiroh Dusun III
Buana Albupo
Nurhamidah
3.
Tahfiz Qur’an
Setiap hari Jum’at
Pukul 10.00 WIB
Rumah Posko KKN
Jumadi
Sonya Melinda
Bidang Pendidikan
4.
Bimbingan belajar
Setiap  hari Senin s/d Jum’at
Pukul 10.00 WIB
Rumah Posko KKN
Risnawati Sinurat
Nurul Hidayah
5.
PPL di Sekolah
Setiap hari Senin s/d Sabtu
Pukul 07.00 WIB
Sekolah Al-Faziera
ALL
6.
Pengembangan kreatifitas
Setiap  hari Senin s/d Jum’at
Pukul 10.00 WIB
Rumah Posko KKN
Risnawati Sinurat
Nurul Hidayah
Bidang Sosial Budaya
7.
Bakti Sosial Masyarakat
Minggu. 31 Juli 2017-07-10 Pukul 08.00 WIB
Lingkungan sekitar
Ayu Apriyani Sari
Elvi yunisa
8.
Gotong Royong Masjid/Musholla
Seminggu sekali (hari Minggu)
Pukul. 08.00 WIB
Masjid/Musholla di desa Cinta Rakyat
ALL
9.
Festival Anak Soleh Indonesia (FASI)
2 dan 3 Agustus 2017
Pukul 08.00 WIB
Halaman Masjid/Musholla
Nazli Rustian
M. Saleh Nst
Byanti Piacenza
Bidang Kesehatan
10.
Ikut serta POSYANDU
12 Juli 2017
Pukul 09.00 WIB
Kantor Desa Cinta Rakyat
Elisya Hani Hrp
Maulida
Indah Hari U
Bidang Ekonomi
11.
Pelatihan Kewirausahaan dan Kerajinan Tangan
24 Juli 2017-07-10 Pukul 09.00 WIB
Rumah posko KKN
Riskia Fitri Lbs
Rahmadani
Riska Dwi W
Bidang Lingkungan
12.
Penghijauan
29 Juli 2017-07-10 pukul 08.00 WIB
Lingkungan sekitar
Putri riza Umami
Putri Indah C
Epi Juniartik

D.    Anggaran Biaya
1.      Sumber Dana
a.       Mahasiswa KKN
b.      Donatur
c.       Sumbangan swa daya masyarakat

2.      Anggaran Biaya Pelaksanaan Program Kerja Kelompok
NO
Nama Kegiatan
Anggaran Biaya
1.
Perwiridan
(bapak-bapak,Ibu-ibu, remaja)
-
2.
Bimbingan belajar mengaji
-
3.
Tahfiz Qur’an
-
4.
Bimbingan belajar
-
5.
PPL di Sekolah
-
6.
Pengembangan kreatifitas
Rp. 300. 000
7.
Bakti Sosial Masyarakat
Rp. 200.000
8.
Gotong Royong Masjid/Musholla
-
9.
Festival Anak Soleh Indonesia (FASI)
Rp. 5.000. 000
10.
Ikut serta POSYANDU
-
11.
Pelatihan Kewirausahaan dan Kerajinan Tangan
Rp. 300. 000
12.
Penghijauan
Rp. 800. 000

JUMLAH
Rp. 6. 600. 000














BAB VI
PENUTUP DAN LAMPIRAN
A.    Penutup
Program yang telah penulis laksanakan semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar. Meskipun nanti terdapat beberapa faktor kendala baik secara teknis maupun non teknis, namun semuanya itu semoga dapat kami lalui berkat bantuan dari masyarakat dan semua pihak yang membantu. Terutama sekali bantuan dari teman – teman satu kelompok yang sangat baik dan bersemangat dalam merealisasikan program yang dibuat.
Keberadaan Kuliah Kerja Nyata di Desa Cinta Rakyat, Kecamatan percut Sei Tuan, Kabupaten deli Serdang semoga dapat  membuahkan sebuah hubungan kekeluargaan dan terjalinnya tali silaturahim antar mahasiswa KKN dan warga setempat. Adanya kerjasama dari warga membuat program-program KKN yang dilaksanakan yang merupakan suatu proses aplikasi ilmu yang dipelajari menjadi lebih berarti dan dapat sedikit membantu masyarakat. 
B.     Lampiran (Peta Wilayah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VECTOR ART RONALDO