RENCANA PROGRAM KERJA KELOMPOK
KKN INTEGRASI-TRANSDISIPLINER
UIN SUMATERA UTARA MEDAN
TAHUN AKADEMIK 2017
LOKASI: DESA CINTA RAKYAT,
KECAMATAN PERCUT SEI TUAN,
KABUPATEN DELI SERDANG
DPL : M. ASWIN, M. AP
NO
|
NAMA
|
NIM
|
FAKULTAS
|
1
|
Buana
Albupo
|
14144004
|
FDK
|
2
|
Ilham
|
14144005
|
FDK
|
3
|
Abdur
Rahman Syah
|
53144024
|
FEBI
|
4
|
Nurhamidah
|
53144025
|
FEBI
|
5
|
Sonya
Melinda Nasution
|
53144026
|
FEBI
|
6
|
Ayu
Apriyani Sari
|
51141010
|
FEBI
|
7
|
Elvi
Junisa
|
23141017
|
FSH
|
8
|
Elisyapitri
Yani Harahap
|
23143002
|
FSH
|
9
|
Byanti
Piacenza
|
24143076
|
FSH
|
10
|
Maulida
|
44144004
|
FUSI
|
11
|
Jumadi
|
32143027
|
FITK
|
12
|
Nazli
Rustian
|
33141010
|
FITK
|
13
|
Muhammad
Saleh Nst
|
33143073
|
FITK
|
14
|
Dila
Pratiwi
|
31143032
|
FITK
|
15
|
Epi
Juniartik
|
31141013
|
FITK
|
16
|
Indah
Hari Utami
|
31144044
|
FITK
|
17
|
Putri
Indah Cahyani
|
35143008
|
FITK
|
18
|
Putri
Riza Umami
|
35143012
|
FITK
|
19
|
Riska
Dwi Wahyuni
|
35143008
|
FITK
|
20
|
Rahmadani
|
36143094
|
FITK
|
21
|
Riskia
Fitri Lubis
|
36143052
|
FITK
|
22
|
Nurul
Hidayah
|
36143102
|
FITK
|
23
|
Risnawati
Sinurat
|
36141054
|
FITK
|
KULIAH KERJA NYATA
UIN SUMATERA UTARA
TAHUN 2017
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb
Salah
satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat
yang dimaksudkan agar perguruan tinggi tidak hanya menjadi menara gading pusatt
pengkajian ilmu pengetahuan. Perguruan tinggi harus mampu memberikan sumbangan
pengabdian kepada nyata kepada masyarakat. Salah satunya adalah dalam bentuk
kuliah kerja nyata (KKN).
Penghargaan
setinggi-tinginya dan ucapan terima kasih kita sampaikan kepada bapak Bupati,
Camat, Kepala Desa, Lurah dan smeua pihak yang telah memberikn bantuan dan
bimbingan atas terlaksananya kegiatan KKN ini. Kepada seluruh mahasiswa
dipesankan agar mampu menjaga kepercayaan masyarakat sebagai prasyarat meraih
keberhasilan dalam tugas dan pengabdian ini, serta menjaga amanah keilmuan dan
almamater dengan sebaik-baiknya. Semoga kegiatan ini diridhoi Allah SWT.
Wassalamualaikum
Wr. Wb
Deli
Serdang, 05 Juli 2017
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar........................................................................................ i
Daftar
Isi................................................................................................. ii
Halaman
Pengesahan............................................................................... iii
I.
Pendahuluan.......................................................................... 1
II.
Kondisi
Objektif Lokasi KKN
A.
Geografis......................................................................... 3
B.
Demografis......................................................................
C.
Sosial
Budaya..................................................................
D.
Permasalahan...................................................................
III.
Kondisi
yang Diharapkan
IV.
Program
Kerja (Bentuk-Bentuk dari Program kerja, Tujuan dan Indikator Pencapaian)
i.
Agama...........................................................
ii.
Pendidikan....................................................
iii.
Sosial
Budaya................................................
iv.
Kesehatan......................................................
v.
Ekonomi
dan Wirausaha...............................
vi.
Lingkungan...................................................
V.
Mekanisme
Pelaksanaan........................................................
VI.
Penutup
dan Lampiran..........................................................
HALAMAN
PENGESAHAN
BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIM
Setelah diadakan pengarahan, bimbingan, koreksi dan perbaikan
seperlunya dari program kerja kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata)
Integrasi-Transdisipliner tahun akademik 2017 UIN Sumatera Utara Medan,
saudara:
Lokasi : Desa
Cinta Rakyat, Kec.Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang
DPL : M. Aswin, M. Ap
NO
|
NAMA
|
NIM
|
FAKULTAS
|
1
|
Buana Albupo
|
14144004
|
FDK
|
2
|
Ilham
|
14144005
|
FDK
|
3
|
Abdur Rahman Syah
|
53144024
|
FEBI
|
4
|
Nurhamidah
|
53144025
|
FEBI
|
5
|
Sonya Melinda Nasution
|
53144026
|
FEBI
|
6
|
Ayu Apriyani Sari
|
51141010
|
FEBI
|
7
|
Elvi Junisa
|
23141017
|
FSH
|
8
|
Elisyapitri Yani Harahap
|
23143002
|
FSH
|
9
|
Byanti Piacenza
|
24143076
|
FSH
|
10
|
Maulida
|
44144004
|
FUSI
|
11
|
Jumadi
|
32143027
|
FITK
|
12
|
Nazli Rustian
|
33141010
|
FITK
|
13
|
Muhammad Saleh Nst
|
33143073
|
FITK
|
14
|
Dila Pratiwi
|
31143032
|
FITK
|
15
|
Epi Juniartik
|
31141013
|
FITK
|
16
|
Indah Hari Utami
|
31144044
|
FITK
|
17
|
Putri Indah Cahyani
|
35143008
|
FITK
|
18
|
Putri Riza Umami
|
35143012
|
FITK
|
19
|
Riska Dwi Wahyuni
|
35143008
|
FITK
|
20
|
Rahmadani
|
36143094
|
FITK
|
21
|
Riskia Fitri Lubis
|
36143052
|
FITK
|
22
|
Nurul Hidayah
|
36143102
|
FITK
|
23
|
Risnawati Sinurat
|
36141054
|
FITK
|
Dipandang sudah memenuhi syarat untuk diajukan sebagai program
kerja kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) Integrasi-Transdisipliner tahun
akademik 2017 UIN Sumatera Utara Medan dari saudara-saudara tersebut di atas.
Demikian pengesahan ini kami berikn, semoga dapat dipergunakn
sebagaimana mestinya.
Deli Serdang, 10 Juli 2017
Dosen Pembimbing
Lapangan Kepala
Desa
Muhammad Aswin, M. AP Suhartono, ST
BAB I
PENDAHULUAN
Kegiatan Kuliah Koerja Nyata (KKN)
merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada
mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus. Sekaligus
sebagai proses pembelajaran serta mengabdi kepada masyarakat yang sedang
membangun dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah
pembangunan yang sedang dihadapi. KKN dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam
upaya meningkatkan misi dan bobot pendidikan pada mahasiswa untuk mendapat
nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi.
KKN ( Kuliah Kerja Nyata)
dilaksanakan dimasyarakat diluar kampus dengan maksud meningkatakan relevansi
pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu
pengetahuan. Teknologi agama serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang
makin meningkat serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara
landasan teori yang diperoleh dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan dalam
kehidupan masyarakat secara nyata. Bagi mahasiswa kegiatan KKN
merupakan pengalaman belajar baru yang tidak diperoleh didalam kampus. Dengan
selesainya KKN mahasiswa memiliki pengetahuan , kemampuan dan kesadaran baru
tentang bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Secara sosiologis dalam kemandirian
manusia bahwa interaksi sosial adalah kebutuhan yang paling mendasar dalam
menjalankan proses hidupnya. Interaksi sosial ini terbangun sebagai konsekuensi
logis dari kesadaran manusia bahwa kebutuhan pada sisi–sisi tertentu
kemanusiannya tidak dapat tercapai tanpa interaksi dengan sesamanya. Artinya
manusiapun harus cerdas untuk menemukan model komunikasi yang mampu menjawab
segala kebutuhan-kebutuhan tersebut tanpa ada diskriminasi atau dengan kata
lain komunikasi yang terbangun harus mampu mengakomodir semua kepentingan,
menyatukan dan mensinergiskan gerakan segala elemen masyarakat dalam struktur
sosial yang sangat kompleks.
Saling tolong-menolong, saling menghargai, adanya pengakuan terhadap hak-hak individu, munculnya simpati, empati dan kepedulian sosial serta segala bentuk tindakan sosial yang banyak kita saksikan dalam aktivitas keseharian kita adalah manifestasi dari cita-cita mulia untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Makanya pranata sosial yang terbangun dalam masyarakat (community) harus dapat menciptakan keteraturan sosial, menjamin stabilitas sosial, jaminan rasa aman yang di peroleh setiap anggota masyarakat, menciptakan suasana yang nyaman dan tentram serta jaminan keselamatan lain.
Saling tolong-menolong, saling menghargai, adanya pengakuan terhadap hak-hak individu, munculnya simpati, empati dan kepedulian sosial serta segala bentuk tindakan sosial yang banyak kita saksikan dalam aktivitas keseharian kita adalah manifestasi dari cita-cita mulia untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Makanya pranata sosial yang terbangun dalam masyarakat (community) harus dapat menciptakan keteraturan sosial, menjamin stabilitas sosial, jaminan rasa aman yang di peroleh setiap anggota masyarakat, menciptakan suasana yang nyaman dan tentram serta jaminan keselamatan lain.
Institusi Pendidikan tinggi adalah
adalah salah satu elemen Bangsa yang turut bertanggung jawab dalam usaha
pencapaian cita-cita ideal Negara tersebut. Pendidikan tinggi merupakan benteng
terakhir dalam menghadapi segala goncangan dan problematika kebangsaan.
Pendidikan tinggi harus mampu berperan sebagai produsen pengetahuan,
laboratorium pengujian kebenaran, menjaga aset pengetahuan, mampu mendiagnosa
penyakit dan prolematika kebangsaan serta menformulasi resep alternatif yang
solutif terhadap penyakit dan problematika tersebut, secara aktif dan kreatif menyusun
metodologi yang proporsional dan profesional untuk mengaplikasikan segala
gagasan dalam bentuk tindakan yang riil di masyarakat. Secara umum konsep
operasional itu tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan,
Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah
salah satu bentuk mengejawantahan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian
kepada masyarakat karena mahasiswa diberi kesempatan secara langsung
bersentuhan dengan masyarakat untuk mengaplikasikan segala bentuk pengetahuan
yang telah diperoleh di perguruan tinggi sekaligus Kuliah Kerja Nyata adalah
ruang pembelajaran yang baru bagi mahasiswa untuk pengembangan dirinya.
BAB II
KONDISI OBJEKTIF LOKASI KKN
A.
Geografis
Letak
geografis Desa Cinta Rakyat
Sebelah
Barat :
Sebelah
Timur :
Sebelah
Selatan :
Sebelah
Utara :
Kondisi
Geografis Desa Cinta Rakyat
Laus
keseluruhan desa :
Penggunaan
lahan
Persawahan :
Pemukiman :
Perkebunan :
Pengairan :
Empang/Tambak :
Untuk
bangunan
Sekolah :
Perkantoran :
Pasar :
Tempat
ibadah :
Makam :
Lain
– lain :
B.
Demografis
C.
Sosial Budaya
Secara keseluruhan kondisi sosial
budaya masyarakat di Desa Cinta Rakyat cukup harmonis. Desa ini terdiri dari
beberapa suku dan ras namun yang mendominasi dan menjadi mayoritas adalah Suk
Jawa selebihnya terdiri dari suku Banjar, Melayu, Mandailing dan lainnya. Desa
ini sudah termasuk menjadi desa yang maju karena berada di pinggiran Kota Medan.
Mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah bertani, berkebun, karyawan,
berwirausaha dan lainnya. Secara keseluruhan Desa Cinta Rakyat orangnya
ramah-ramah dan menerima kehadiran tamu dari luar dan sangat berapresiasi
terhadap kehadiran mahasiswa KKN UIN SU yang hadir di desa ini.
Anak-anak juga memiliki antusias
yang tinggi untuk berkumpul dan bermain bersama apalagi ketika mahasiswa KKN
membuka program belajar bersama sebagai sarana pengembangan minat dan bakat
anak-anak di desa tersebut.
D.
Permasalahan
Adapun
beberapa permasalahan yang terdapat di Desa Cinta Rakyat ini adalah:
1.
Sebagian
masyarakat terkesan acuh tak acuh terhadap kegiatan mahasiswa KKN, karena sudah
terbiasa dengan kehadiran mahasiswa yang melakukan praktek di desanya.
2.
Kegiatan
remaja Masjid maupun Musholla terkesan tidak aktif, remaja-remaja hanya mengisi
masjid ketika solat lima waktu dan perwiridan, namun jarang membuat
kegiatan-kegiatan yang lain.
3.
Pemikiran
masyarakat yang sudah perkotaan membuat masyarakat terkesan cuek dan sulit
mengumpulkan massa untuk suatu kegiatan karena memiliki kesibukan tersendiri.
4.
Beberapa
remaja sudah terjerat dalam pengaruh narkoba.
BAB III
KONDISI YANG
DIHARAPKAN
Harapan kami selaku mahasiswa KKN
UIN Sumatera Utara yang bertugas mengabdi di Desa Cinta Rakyat ini adalah
semoga desa ini semakin maju dan terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi.
Kemudian masyarakat Desa Cinta Rakyat dapat berpartisipasi dalam mendukung dan
mensukseskan kegiatan-kegiatan dari program kerja mahasiswa KKN UIN Sumatera
Utara.
Kami juga memohon kiranya
masyarakat dapat memberikan contoh yang baik dan pembelajaran yang berharga
kepada kami yang melakukan praktek di desa ini, dengan mengingatkan kami
apabila ada hal-hal yang tidak sesuai dan apabila ada hal-hal yang bertentangan
dengan adat, budaya, norma di desa ini.
Kepada remaja-remaja/pemuda/i
semoga dapat bekerjasama dengan baik dengan mahasiswa KKN UIN Sumatera Utara
untuk menimbulkan hal-hal yang positif demi memajukan pemikiran serta
pembangunan Desa Cinta Rakyat lebih ke arah yang baik dan menciptakan kegiatan
yang produktif dan dapat dirasakan seluruh masyarakat yang ada di Desa Cinta
Rakyat.
BAB IV
PROGRAM KERJA
NO
|
Nama Kegiatan
|
Tujuan
|
Indikator Pencapaian
|
|
Kuantitatif
|
Kualitatif
|
|||
Bidang Keagamaan
|
||||
1.
|
Perwiridan
(bapak-bapak,Ibu-ibu, remaja)
|
Sebagai salah satu sarana untuk bersosialisasi dengan masyarakat
setempat
|
Kehadiran 50% dari jumlah anggota perwiridan
|
Kembali menghidupkan kegiatan perwiridan dan terus berkelanjutan
|
2.
|
Bimbingan belajar mengaji
|
Untuk memperkenalkan Al-qur’an dan nilai-nilai keislaman kepada
anak-anak di desa setempat
|
Kehadiran lebih dari 20 orang
anak untuk belajar mengaji
|
Anak-anak mengenal huruf hijaiyah dan ilmu tajwid dengan bacaan
yang fasih
|
3.
|
Tahfiz Qur’an
|
Agar anak-anak dapat menghafal dengan mudah surah-surah pendek
Al-Qur’an dengan mudah
|
Kehadiran lebih dari 20 orang
anak untuk belajar tahfiz
|
Memudahkan dalam menghafal
|
Bidang Pendidikan
|
||||
4.
|
Bimbingan belajar
|
Membantu anak-anak dalam memahami pelajaran di sekolah
|
Kehadiran lebih dari 20 orang
anak untuk bimbingan belajar
|
Membantu kendala belajar yang dialami anak-anak
|
5.
|
PPL di Sekolah
|
Praktek pengalaman lapangan mengajar di sekolah
|
50% mahasiswa KKN ikut serta dalam PPL di Sekolah
|
Mendapatkan pelajaran berharga dalam pelaksanaan PPL
|
6.
|
Pengembangan kreatifitas
|
Mengambangkan minat dan bakat masyarakat
|
Kehadiran 30 orang
|
Semakin kreatif dan produktif
|
Bidang Sosial dan Budaya
|
||||
7.
|
Bakti Sosial Masyarakat
|
Sebagai sarana silaturahmi masyarakat dan membersihkan lingkungan
sekitar
|
30% masyarakat ikut serta
|
Kedekatan mahaiswa KKN dengan masyarakat
|
8.
|
Gotong Royong Masjid/Musholla
|
Membersihkan lingkungan Masjid/Musholla
|
30% masyarakat ikut serta
|
Masjid/Musholla Desa menjadi bersih dan terawat
|
9.
|
Festival Anak Soleh Indonesia (FASI)
|
Meningkatkan nilai-nilai kompetesi budaya Islami masyarakat
|
50% masyarakat Desa ikut serta
|
Dapat menumbuhkan budaya Islami di tengah-tengah masyarakat
|
Bidang Kesehatan
|
||||
10.
|
Ikut serta POSYANDU
|
Membantu kegiatan posyandu di Desa
|
Seluruh mahasiswa KKN ikut serta
|
Meringankan kegiatan petugas Posyandu setempat
|
Bidang Ekonomi dan Wirausaha
|
||||
11.
|
Pelatihan Kewirausahaan dan Kerajinan Tangan
|
Meningkatkan kreatifitas masyarakat, mengolah bahan tak berguna
menjadi sumber dana
|
30% masyarakat ikut serta
|
Barang-barang hasil kerajinan dapat dijual kembali sehingga
menghasilkan uang tambahan
|
Bidang Lingkungan
|
||||
12.
|
Penghijauan
|
Agar desa kembali dihijaukan dengan pohon-pohon
|
Dapat menanam 10 pohon di desa
|
Pohon dapt tumbuh subur dan bermanfaat di masyarakat
|
BAB V
MEKANISME PELAKSANAAN
A.
Pola Koordinasi
Kepala Desa Cinta
Rakyat
|
Kepala-Kepala Dusun
|
Masyarakat
|
Tokoh Agama,
Pemuda dan Masyarakat
|
Remaja
|
Mahasiswa KKN UIN
SU
|
Dosen Pembimbing
Lapangan
|
B.
Pihak yang Diajak Ikut Serta
Beberapa
pihak yang diajak dalam melaksankan kegiatan dan program kerja KKN Mahasiswa
UIN Sumatera Utara ini adalah:
1.
Kepala
desa
2.
Kepala-kepala
dusun
3.
Tokoh
Agama, Pemuda dan Masyarakat
4.
Remaja
putra dan putri
5.
Anak-anak
6.
Lembaga
swadaya masayarakat
7.
Madrasah/sekolah
C.
Jadwal kegiatan Kelompok
NO
|
Nama Kegiatan
|
Waktu
|
Tempat
|
Penanggung Jawab
|
Bidang Keagamaan
|
||||
1.
|
Perwiridan
(bapak-bapak,Ibu-ibu, remaja)
|
-Setiap malam Sabtu (remaja)
-Setiap malam Rabu (Ibu-Ibu)
-Setiap Jum’at siang (ibu)
|
Musholla dusun III dan Rumah yang terjadwal
|
Ilham
Abdur Rahman Syah
|
2.
|
Bimbingan belajar mengaji
|
Setiap hari Senin s/d Jum’at
Pukul 19.00 WIB (ba’da Magrib)
|
Musholla Al-maghfiroh Dusun III
|
Buana Albupo
Nurhamidah
|
3.
|
Tahfiz Qur’an
|
Setiap hari Jum’at
Pukul 10.00 WIB
|
Rumah Posko KKN
|
Jumadi
Sonya Melinda
|
Bidang Pendidikan
|
||||
4.
|
Bimbingan belajar
|
Setiap hari Senin s/d
Jum’at
Pukul 10.00 WIB
|
Rumah Posko KKN
|
Risnawati Sinurat
Nurul Hidayah
|
5.
|
PPL di Sekolah
|
Setiap hari Senin s/d Sabtu
Pukul 07.00 WIB
|
Sekolah Al-Faziera
|
ALL
|
6.
|
Pengembangan kreatifitas
|
Setiap hari Senin s/d
Jum’at
Pukul 10.00 WIB
|
Rumah Posko KKN
|
Risnawati Sinurat
Nurul Hidayah
|
Bidang Sosial Budaya
|
||||
7.
|
Bakti Sosial Masyarakat
|
Minggu. 31 Juli 2017-07-10 Pukul 08.00 WIB
|
Lingkungan sekitar
|
Ayu Apriyani Sari
Elvi yunisa
|
8.
|
Gotong Royong Masjid/Musholla
|
Seminggu sekali (hari Minggu)
Pukul. 08.00 WIB
|
Masjid/Musholla di desa Cinta Rakyat
|
ALL
|
9.
|
Festival Anak Soleh Indonesia (FASI)
|
2 dan 3 Agustus 2017
Pukul 08.00 WIB
|
Halaman Masjid/Musholla
|
Nazli Rustian
M. Saleh Nst
Byanti Piacenza
|
Bidang Kesehatan
|
||||
10.
|
Ikut serta POSYANDU
|
12 Juli 2017
Pukul 09.00 WIB
|
Kantor Desa Cinta Rakyat
|
Elisya Hani Hrp
Maulida
Indah Hari U
|
Bidang Ekonomi
|
||||
11.
|
Pelatihan Kewirausahaan dan Kerajinan Tangan
|
24 Juli 2017-07-10 Pukul 09.00 WIB
|
Rumah posko KKN
|
Riskia Fitri Lbs
Rahmadani
Riska Dwi W
|
Bidang Lingkungan
|
||||
12.
|
Penghijauan
|
29 Juli 2017-07-10 pukul 08.00 WIB
|
Lingkungan sekitar
|
Putri riza Umami
Putri Indah C
Epi Juniartik
|
D.
Anggaran Biaya
1.
Sumber Dana
a.
Mahasiswa
KKN
b.
Donatur
c.
Sumbangan
swa daya masyarakat
2.
Anggaran Biaya Pelaksanaan Program Kerja Kelompok
NO
|
Nama Kegiatan
|
Anggaran Biaya
|
1.
|
Perwiridan
(bapak-bapak,Ibu-ibu, remaja)
|
-
|
2.
|
Bimbingan belajar mengaji
|
-
|
3.
|
Tahfiz Qur’an
|
-
|
4.
|
Bimbingan belajar
|
-
|
5.
|
PPL di Sekolah
|
-
|
6.
|
Pengembangan kreatifitas
|
Rp. 300. 000
|
7.
|
Bakti Sosial Masyarakat
|
Rp. 200.000
|
8.
|
Gotong Royong Masjid/Musholla
|
-
|
9.
|
Festival Anak Soleh Indonesia (FASI)
|
Rp. 5.000. 000
|
10.
|
Ikut serta POSYANDU
|
-
|
11.
|
Pelatihan Kewirausahaan dan Kerajinan Tangan
|
Rp. 300. 000
|
12.
|
Penghijauan
|
Rp. 800. 000
|
|
JUMLAH
|
Rp. 6. 600. 000
|
BAB VI
PENUTUP DAN LAMPIRAN
A.
Penutup
Program
yang telah penulis laksanakan semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Meskipun nanti terdapat beberapa faktor kendala baik secara teknis maupun non
teknis, namun semuanya itu semoga dapat kami lalui berkat bantuan dari
masyarakat dan semua pihak yang membantu. Terutama sekali bantuan dari teman –
teman satu kelompok yang sangat baik dan bersemangat dalam merealisasikan
program yang dibuat.
Keberadaan
Kuliah Kerja Nyata di Desa Cinta Rakyat, Kecamatan percut Sei Tuan, Kabupaten
deli Serdang semoga dapat membuahkan
sebuah hubungan kekeluargaan dan terjalinnya tali silaturahim antar mahasiswa
KKN dan warga setempat. Adanya kerjasama dari warga membuat program-program KKN
yang dilaksanakan yang merupakan suatu proses aplikasi ilmu yang dipelajari
menjadi lebih berarti dan dapat sedikit membantu masyarakat.
B.
Lampiran (Peta Wilayah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar